Selasa, 02 Oktober 2012

SPJ DIKTERAPAN


PONDOK PESANTREN AL AKROM
YAYASAN AL-AKROM
                   Alamat: Jl. Raden Santri Ds. Banyuurip Kec. Margorejo. Kab. Pati                  
Jawa Tengah Telp ( 0295 ) 5504058
 



Kata Pengantar


Puji Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT. Semoga Kita selalu mendapatkan rahmat,taufiq dan hidayahNya.Amin  Sholawat dan salam khusus kepada Nabi Muhammad SAW, para Keluarga dan Sahabatnya.
 Selanjutnya Pada kesempatan yang berbahagia ini kami ingin mengucapkan terima kasih  kepada Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dan Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah yang telah mempercayakan kepada Pesantren kami sebagai pengelola Program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (DIKTERAPAN). Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat sedikit mengurangi problem-problem pemerintah khususnya penanganan masalah anak terlantar.
 Dalam kesempatan ini pula kami akan menyampaikan Laporan caturwulan tahap I dan II ( Januari – Juni ) dengan dana sebesar Rp.54000.000,- ( Lima puluh empat juta rupiah ) sebagaimana telampir.

                                                                                                    Pati, 3 Juli 2012


  Mengetahui,                                                                 Hormat saya,
              Pengasuh ponpes Al Akrom                                        Penanggungjawab program
                                                                                       Dikterapan ponpes Al Akrom


KH.Moh Imam Al Mukromin,MSI                              Suhartomo










LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN
PROGRAM PENDIDIKAN TERPADU ANAK HARAPAN
PONDOK PESANTREN AL AKROM
TAHUN 2012


I.              PENDAHULAN
Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal tertua di nusantara ini. Lembaga ini digalang mulai wali sembilan bersamaan dengan penyebaran agama islam di Indonesia. Sistem yang digunakan mulanya sangatlah sederhana namun dengan semangat yang tinggi ternyata sebagai wahana pendiikan yang ampuh untuk menerpa para santri agar mereka selepas dari pondok pesantren mempunyai ilmu agama yang mumpuni,berakhlaq mulia,mandiri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
Di saat bangsa Indonesia masih dalam kondisi penjajahan peran pondok pesantren sangatlah signifikan di dalam mengusir penjajah. Para santri di bekali oleh para kyai bahwa penjajah adalah kafir Harbi(Kafir yang memerangi orang islam) ,sehingga dengan demikian mengusir mereka hukumnya adalah fardlu ‘ain. Kenyataan penjajah hengkang dari Negara kita ,siapapun tidak boleh memungkiri  bahwa pondok pesantren mempunyai andil besar dalam usaha-usaha tersebut.
Paska Indonesia merdeka sampai sekarang ,kiprah pondok pesantren mutlaq dibutuhkan untuk mebekali keimana,ilmu agama,akhlaq mulia dan kemandirian terhadap tehadap generasi bangsa untuk mengisi pembangunan di segala bidang. Sebagai bentuk penajaman dan perluasan dari inpres/2010 tentang percepatan Pembangunan Nasional untuk kesekian kalinya Pondok Pesantren mendapat kepercayaan dari Pemerintah sebagai pengelola program Pendidikan Terpadu Anak Harapan (DIKTERAPAN).
Pondok pesantren AL AKROM yang berkedudukan di Desa Banyuurip Kec.Margorejo Pati diresmikan oleh Bupati Pati pada tahun 2001 yaitu sebagai lembaga yang menangani di bidang pendidikan,sosial dan  keagamaan termasuk menangani anak-anak yatim dan terlantar. Selama ini pesantren ini sering mengalami kendala khususnya di bidang biaya untuk menangani anak-anak tersebut,sehingga dengan adanya program DIKTERAPAN ini semoga dapat membantu beban kami khususnya dalam menangani pendidikan anak terlantar yang ada di tempat kami.
Demikian besar harapan kami untuk kerjasama dan do’anya dari semua pihak demi lancarnya program ini. Wa’allahu a’lam bishowab.

II.           TUJUAN
Tujuan dari penyelenggaraan ini adalah :
1.      Membekali anak Indonesia dengan nilai-nilai moral dan agama.
2.      Menghilangkan perbedaan latar belakang manusia.
3.      Mengurangi manusia menjadi sampah masyarakat.  
4.      Mencerdaskan kehidupan bangsa
5.      Meminimalisir anak terlantar, anak jalanan dan anak marginal
6.      Menciptakan sumber daya professional, berahlakul karimah dan berwawasan ke-Islaman yang mampu menghadapi era global.
7.      Melaksanakan kebijakan pemerintah untuk mewujudkan pondok pesantren yang mampu mengubah sifat hidup masyarakat yang religius
8.      Turut serta berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan menyelenggarakan pendidikan bagi anak anak terlantar

III.        MANFAAT
Adapun manfaat yang akan diperoleh baik oleh Negara maupun santri adalah sebagai berikut :
1.      Mereka anak-anak marginal yang terancam putus sekolah tidak perlu khawatir karna Negara dengan nyata menjamin mereka untuk melanjutkan sekolah.
2.      Selain pendidikan formal mereka terjamin, disini mereka juga diberi pelajaran khusus agama yang nantinya diharapkan membekali mereka sebagai insane ulul albab.
3.      Meminimalisir embrio ‘anak jalanan’, karena sebelum mereka di jalan sudah masuk dulu ke lembaga pondok pesantren, ataupun jika sudah ada yang terlanjur kejalan berarti sudah memperkecil angka anak di jalan.
4.      Memberikan mereka skill Individu dalam bidang ekonomi sehingga nantinya diharapkan mereka tidak akan sepi dari pekerjaan yang menjadikan mereka turun jalan.

IV.          JENIS KEGIATAN YANG DILAKUKAN
         Untuk jenis kegiatan dan jadwal kegiatan yang ada di program DIKTERAPAN ini sebagaimana terlampir.

V.           WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan pada periode I ini dimulai tanggal 01 Januari 2012 sampai dengan tanggal 31 Juni 2012, adapun tempat pelaksanaan di Pondok Pesantren            AL AKROM  Desa Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.

VI.        UNSUR YANG TERLIBAT

1.      Dinas Sosial Kabupaten Pati
2.      Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pati
3.      Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jateng
4.      Pondok pesantren AL AKROM

VII.   KENDALA YANG DIALAMI
Selama enam bulan ini tidak begitu banyak kendala yang dihadapi karena para pengelola pesantren sudah lebih memahami dan lebih sabar dalam menghadapi sikap anak-anak. Walaupun demikian,tentu masih ada kendala-kendala yang dihadapi antara lain :
1.      Sarana dan prasarana belum cukup memadai.
2.      Masalah-masalah yang datang dari masyarakat setempat akibat kenakalan anak
3.      Pencairan dana yang terlambat

VIII.                                                 BIAYA / PENDANAAN YANG TERSERAP
Selama enam bulan  dana yang terserap sebesar Rp. Rp.54.000.000,- ( Lima puluh empat juta rupiah ) sebagaimana telampir tidak termasuk honor untuk pengelola dan tutor karena honor untuk pengelola dan tutor diambilkan dari kas pesantren.

IX.             PENUTUP
Demikian Laporan Pertanggungjawaban ini kami buat dengan sebenar-benarnya,atas kepercayaan dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih.


   Pati, 3 Juli 2012


  Mengetahui,                                                                 Hormat saya,
              Pengasuh ponpes Al Akrom                                        Penanggungjawab program
                                                                                       Dikterapan ponpes Al Akrom


KH.Moh Imam Al Mukromin,MSI                            Suhartomo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar